PERENCANAAN BISNIS F
Kelompok 6
Anggota :
Ø Tia
fahrudiana 20130410523
Ø Faqun
nisa 20130410234
Ø Tri
indah rahmana 20130410222
Ø Sulis
tri rejeki 20130410248
Ø Iqbal
. A 20130410223
IDE BISNIS 1 : PISANG LUMPUR
STRENGTHS :
Ø Banyak
varian rasa
Pisang
coklat yang kami sediakan memiliki berbagai varian rasa, mulai dari coklat,
melon, keju dan masih banyak lagi. Ini membuat pisang lumpur yang kami jual
berbeda dengan yang lain.
WEAKNESSES :
Ø Harga
bahan baku tidak stabil
Harga
pisang yang naik turun membuat kami kewalahan untuk memperhitungkan dagangan
kami. Ditambah keinginan konsumen dengan pisang pisang tertentu seperti pisan
kepok yang memang rasanyapun enak membuat kami bingung untuk mengganti bahan
baku dengan jenis pisang lain atau tetap membeli dengan harga yang lebih tinggi
.
OPPORTUNITIES :
Ø Digemari
banyak konsumen
Pisang
adalah salah satu buah yang hampir semua orang suka baik dalam bentuk buah
segar ataupun sudah diolah dengan berbagai bentuk ataupun rasa, ini membuat ide
bisnis kamiberpeluang cukup besar dalam persaingan di dunia nyata. Walaupun
baru sekedar bisnis mahasiswa semoga kedepan bisa menjadi lebih besar bahkan
tidak hanya berjualan keliling melainkan membuat sebuah kedai tempat nongkrong
yang di gemari banyak kalangan, mulai dari anak muda, remaja dewasa bahkan
orang tua .
Ø Modal
kecil untung besar
Bisnis
ini tidak membutuhkan modal besar, dari survey yang pernah dilakukan hanya
dengan modal gerobak kecil untuk berjualan dan peralatan lain seperti alat
penggorengan dan tempat tempat selai kita sudah bisa membuka bisnis ini. Hanya
saja tempat perlu perijinan ke ketua rt setempat . untung yang dihasilkanpun
tidak tanggung tanggung. Dalam 1 porsi dengan harga Rp 8000- Rp 10000
tergantung rasa para pedagang pisang lumpur mampu memperoleh omset ratusan
bahkan jutaan rupiah dalam sekali berjualan. Dan itu hanya memerlukan waktu
beberapa jam. Ini membuat kelomok kami termotivasi untuk mencobanya.
Ø Bahan
baku mudah didapat
Bahan
baku adalah pisang, pisang adalah bahan baku yang memang mudah didapat. Buahnya
yang memang bukan kategori buah musiman membuat buah ini mudah didapat.
Ditambah tempat kos yang dekat dengan pasar buah membuat kelompok kami mudah dalam mencari bahan baku dan dijamin
akan selalu ada di musim apapun .
THREATS :
Ø Banyak
pesaing
Untuk
jangkauan luas, pisang lumpur sudah
banyak berdiri dimana-mana. Ancaman bagi pemula seperti kami yaitu bersaing
dengan pendiri yang sudah lama berdiri dengan keunikan sendiri dan para konsumen tetap yang mungkin sudah
menjadi member mereka. Disini inovasi rasa, keunikan bentuk, dan ciri lain yang
membedakan harus ada agar pemula seperti kami mampu bersaing didunia bisnis ini.
Ø Masyarakat
modern yang mulai berpindah ke makanan jepang dan modern lainnya sebagai
cemilan.
Ancaman
ini sangat berpengaruh terhadap bisnis kami. Sushi, mie ramen, dan lainnya
mulai merakyat di indonesia, tanpa adanya pembaharuan dari bisnis kami yang
katakanlah hanya bermodal sebuah pisang, kami akan jauh tertinggal bahkan tidak
akan ada kemajuan.
IDE BISNIS 2 : ONDE-ONDE PELANGI
STRENGTHS :
Ø Banyak
varian rasa
Sering
kita jumpai onde-onde dalam jajanan tradisional
hanya dengan isi kacang ijo. Disini kelompok kami ingin berinovasi
dengan membuat onde onde varian rasa mulai dari rasa buah buahan ataupun coklat
keju yang serimg orang tanyakan. Ini membuat onde- onde kami berbeda dengan
yang lain .
Ø Siap
sedia
Maksutnya
disini, produk kami melayani 24 jam pembelian atau pemesanan. Dengan berbagai
varian rasa dan harga yang relatif murah.
WEAKNESSES :
Ø Mudah
basi
Makanan
tradisional merupakan jenis makan yang kebanyak adalah makanan basah. Ini
membuat makanan ini tidak bertahan lama. Maksimal onde-onde ini bertahan sampai
7 hari atau sekitar 1 minggu.
OPPORTUNITIES :
Ø Belum
banyak pesaing
Untuk
wilayah Yogyakarta pedagang onde-onde masih jarang ditemukan kecuali ditempat
tempat jajanan tradisional. Itupun biasanya tidak terlalu banyak. Disini kami
ingin mengobati rasa rindu para perantau atau mahasiswa yang menginginkan
cemilan khas daerahnya ini. Dengan varian rasa, bentuk, dan kemasan yang lucu dan
unik bisnis kami bisa bersaing dengan pedagang onde-onde lainnya.
THREATS:
Ø Kurangnya
minat masyarakat dengan makanan tradisional
Sebagian
masyarakat hanya menganggap makannan tradisional hanya sebatas oleh oleh daerah
tertentu.
IDE BISNIS 3 : TALENAN LUKIS
STRENGHT :
Ø Unik
Media
yang digunakan adalah sebuah talenan yang kebanyakan orang hanya mengenalnya
sebagai sebagian dari peralatan dapur yang sering dijumpai di dapur dan toko
perabotan. Tapi disini kami berinovasi dengan mengubahnya menjadi media lukis
yang mempunyai gambar yang indah, tahan lama dan berbeda.
Ø Desain
berbeda
Lukisan
yang dilukis disini tergantung permintaan konsumen jadi antara desain lukisan
yang satu dengan yang lainnya selalu berbeda.
WEAKNESSES :
Ø Kurangnya
SDM
Talenan
lukis ini adalah bisnisan salah satu teman dikelompok kami Tia fahrudiana
bersama teman-temannya diluar kampus dan sudah berjalan 1 tahun lebih. Tetapi
yang jadi kelemahan bisnis ini, pelukis hanya ada 1. Jadi saat permintaan
menumpuk konsumen harus menunggu hingga 1 minggu lebih dalam pembuatannya.
OPPORTUNITIES :
Ø Inovasi
baru
Merupakan
bisnis baru yang memang belum ada di indonesia. Kebnayak lukisan hanya
menggunakan media kain, kertas ataupun papan kotak yang biasa sering digunakan
pelukis handal. Kami disini membuat inovasi baru dengan hanya menggunakan
berbagai bentuk talenan kayu yang banyak dan mudah dijumpai dipasaran dengan
harga yang relatif terjangkau, salah satu teman kelompok kami mampu memperoleh
tambahan uang sakunya.
THREATS :
Ø Banyaknya
pelukis terkenal
Anggapan
banyak orang tentang para pelukis handal yang mempunyai cukup banyak pengalaman
dalam berbagai lukisannya membuat bisnis ini sedikit terhambat untuk pemasaran
dalam jangkauan yang luas. Bisnis inipun baru memasarkan ke teman kampus dan
para mahasiswa, tetapi dengan sosial media dan teknologi yang semakuin canggih
talenan lukis sudah dikrim sampai, bandung jakarta dan kota kota lain dan yang
terakhir purwokerto.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar